Header Ads

Masjid Pagagan

Produk Petis Tonggol Hasil Olahan dari Desa Pagagan, Pademawu, Pamekasan

 UMKM Petis Ikan Tongkol Desa Pagagan

            Desa pagagan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan memiliki potensi hasil laut yang melimpah membuat sebagian besar masyarakatnya memilih profesi sebagai nelayan untuk mencari nafkah. Hasil laut yang dimiliki salah satunya ialah ikan tongkol. Hasil laut tersebut diolah menjadi olahan makanan yang memiliki cita rasa dan kualitas yang tidak kalah dengan  hasil olahan daerah lainnya.

Foto Petis Ikan Tongkol

            Ikan tongkol yang menjadi salah satu hasil laut yang dimiliki oleh desa pagagan, umumnya diolah menjadi petis. Perlu diketahui bersama, bahwa ikan tongkol juga bisa diolah menjadi petis dengan rasa yang enak dan cocok akan selera masyarakat pesisir khususnya Madura dengan ada cita rasa asin didalamnya.

            Pada proses pengolahan ikan tongkol menjadi petis itu tidaklah sulit. Hanya dengan mengambil air rebusan ikan tongkol dan dilanjutkan pada tahap mencampurkan resep bumbu tertentu. Setelah itu masuk pada proses tahap aduk dengan durasi waktu yang lama hingga berubah teksturnya seperti dodol.  

            Petis ikan tongkol ini berbeda dentgan petis lainnya baik dari segi cita rasa maupun kualitas yang dimiliki. Segi cita rasa yang dimiliki pada petis ini ialah rasa asin dan manis dengan keselarasan tingkat rasa yang pas. Ditambah dengan selera masyarakat khususnya di Madura sendiri ialah menyukai rasa asin dengan takaran yang cukup.

            Banyak orang tidak mengetahui akan bahan dari olahan petis ini. Oleh karena itu, petis dengan bahan utama ikan tongkol ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan petis pada umumnya. Serta petis ini memiliki harga yang terjangkau dan juga setiap harinya petis ini diproduksi di indsutri rumahan yang berada di Dusun Soro’ dan Dusun Nunggunung.   

            Jumlah UMKM keseluruhan yang ada di desa pagagan berjumlah 11 UMKM dengan rata-rata jumlah produksi harian mencapai 50 produk. Olahan petis ikan tongkol ini tidak hanya dijual di daerah desa pagagan namun juga dijual hingga ke daearah kota di pamekasan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.