Header Ads

Masjid Pagagan

Profil Posyandu di Desa Pagagan, Pademawu, Pamekasan

             Posyandu, merupakan singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu, Posyandu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa.Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun  dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”.

Pada desa pagagan terdapat 3 tingkatan posyandu, yaitu posyandu untuk balita, posyandu untuk remaja, dan psoyandu untuk lansia. Tujuan dari diadakannya posyandu sendiri yaitu untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak. Menekankan bahwa posyandu berupaya untuk memberikan pelayanan yang holistik, meliputi aspek kesehatan fisik, gizi, imunisasi, pendidikan kesehatan, dan konseling kepada keluarga.

Foto Banner Posyandu dusun sorok

Adapun jenis layanan yang tersedia di posyandu, seperti pemeriksaan kesehatan rutin, pemantauan pertumbuhan balita, imunisasi, pemberian vitamin dan suplemen gizi, penyuluhan kesehatan, serta pendidikan tentang pentingnya pola hidup sehat dan sanitasi.

Berbagai manfaat yang diperoleh oleh masyarakat pagagan melalui keikut sertaan aktif dalam posyandu. Contohnya, pemantauan pertumbuhan balita sampai remaja, membantu dalam mendeteksi dini masalah gizi atau kesehatan, imunisasi melindungi anak dari penyakit menular, dan penyuluhan kesehatan memberikan pengetahuan yang penting untuk menjaga kesehatan keluarga.

partisipasi aktif masyarakat juga sangat penting dalam keberhasilan posyandu. Misalnya ikut andil dalam mengajak masyarakat untuk menghadiri posyandu secara rutin, mengikuti program imunisasi, membawa balita untuk diperiksa, serta berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan dan konseling yang diselenggarakan di posyandu.

Pemerintah juga ikut berperan dalam mendukung dan memfasilitasi posyandu, termasuk penyediaan fasilitas, tenaga kesehatan, dan sumber daya lainnya. Juga, mengapresiasi tenaga kesehatan yang bekerja di posyandu sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.