Header Ads

Masjid Pagagan

Pengajian Rutin di Desa Pagagan, Pademawu, Pamekasan

Desa Pagagan merupakan salah satu desa di Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Desa dengan tiga dusun ini mayoritas warganya beragama Islam, sehingga banyak kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di desa ini. Kegiatan yang rutin dilakukan yaitu sholawat Albanjari. Kegiatan Shalawat Albanjari  ini adalah kegiatan rutinan shalawat nabi yang dilaksanakan oleh warga desa Pagagan kecamatan Pademawu Pamekasan. Kegiatan pembacaan shalawat ini digilir dari satu rumah warga ke rumah warga yang lain pada desa Pagagan.

 



Kegiatan Pembacaan Sholawat AlBanjari  merupakan rangsangan yang diberikan oleh Pemerintah Desa Pagagan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga tali persaudaraan antar sesama untuk menuju kekompakan masyarakat dan Pemdes. Kegiatan  ini dapat memotivasi masyarakat desa Pagagan  untuk saling mengajak satu sama lain dalam suksesnya acara rutinan tersebut setiap bulannya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadikannya sebagai kegiatan rutin setiap satu minggu sekali bersama masyarakat pada hari senin dari Pukul 19.00 Wib s/d selesai.

Kegiatan rutinan ini diawali dengan pembacaan surat yasiin, kemudian dilanjutka dengan membaca satu kitab barzanji secara beramai-ramai sampai dengan pembacaan sholawat Mahalul Qiyam sembari memanjatkan sholawat kepada Nabi  Muhammad SAW dengan dilagukan dengan nada tertentu.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.